Laman

Rabu, 19 Mei 2010

Chipset


Chipset merupakan suatuIntegrated Circuit(IC) yang mengendalikan procesor, dan menentukan fitur-fitur pada hardware secara menyeluruh, misalnya tipe procesor yang bisa digunakan, jenis memory yang mendukung PC(dan kapasitas maksimum), kelengkapan I/O yang ada, display adapter yang bisa digunakan, lebar data yang didukung, dan ketersediaan fitur-fitur tambahan (seperti LAN Card, Modem, atau sound card). Umumnya, sebuah chpset hanaya mendukung satu kelas atau seri procesor (generasi procesor) saja, misalnya kelas 486, kleas pentium, dan sebagainya.

Karena fungsinya untuk mengendalikan komunikasi antara proceosor dengan perangkat external komputer, maka chipset mempunyai peranan yang sangat penting terhadap performa sistem komputer.

Berdasarkan kelas microprocesor intel pentium, chipset seringkali berupa dua buah chip yaitu northbridge dan southbridge. Chip northbridge akan mengontrol untuk perangakat dengan kecepatan tinggi, seperti memory utama dan controler grafik. Sedangkan southbridge menghubungkan dengan bus peripheral kecepatan rendah, seperti mengontrl bus IDE, USB, dukungan plug and play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management, dan sebagainya.




Diagram Blok ADM 890GX Express Chipset


Produsen dari sebuah chipset umumnya adalah prdusen independen yang tidak memproduksi mainboard. Beberapa produsen chipset yang terkenal diantaranya adalah ATI, VIA Tecnologies, nvidia, intel, AMD dan Broadcom.





AMD Chipset


3 komentar: